Sabtu, 24 April 2010

PEMBUATAN GAME “SUB ZERO AIR ATTACT” MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH MX

( A ) Pembuatan Multimedia Game

Flash dimulai sebagai software untuk membuat animasi Cel (kartun) bernama Future Splash. Dengan perangkat ini, dimungkinkan untuk membuat animasi dengan ukuran kecil yang dapat didistribusikan melalui internet. Macromedia melihat potensi perangkat ini dan mengakuisisinya. Dengan kemampuan Macromedia di bidang multimedia, Flash kini dikembangkan menjadi perangkat multimedia interaktif. Tidak hanya animasi kartun, flash juga dimanfaatkannya sebagai media broadcast untuk motion graphic, dan mengeksplorasinya dari sisi interaktivitas. Jika pada versi-versi awal flash hanya digunakan untuk membuat animasi dan motion graphic, pada versiversi terakhir (kini versi 8) Flash mendukung adanya fungsi scripting yang dirancang menggunakan syntax JavaScript, bahasa pemrograman yang merupakan standar industry di web. Flash dieksplorasi habis-habisan fungsi scriptingnya yang dipadu dengan science. (Zeembry, 2001). Macromedia Flash biasanya digunakan untuk membuat animasi web yang akan ditampilkan dalam sebuah situs internet, pembuatan animasi-animasi film, animasi iklan dan lain-lain. Saat membuat sebuah desain yang akan ditampilkan dalam situs internet, maupun di televisi, desainer sering menggabungkan program Macromedia Flash dengan program-program lain, seperti: Macromedia Dreamweaver, Frontpage, Adobe Photoshop, CorelDraw, dan lain-lain. Oleh sebab itu dalam penyusunan tugas akhir ini, akan dibuat program game interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash MX, yang diharapkan nanti hasil dari game tersebut tidak kalah dengan game-game yang dibuat dengan software lain seperti: Visual Basic, ataupun Delphi.
Game ini bertemakan pesawat origami yang saling bertempur untuk memperebutkan wilayah terbang. Tipe dari game ini adalah side scrolling, dimana karakternya dapat bergerak kesamping diikuti dengan gerakan background. Game ini terdiri dari 3 level yaitu level 1, level 2, dan level 3. Gerakan karakter sub zero ke berbagai arah, untuk menghindari serangan peluru dan tabrakan dengan musuh. Apabila jumlah nyawa karakter sub zero dalam keadaan sekarat atau hamper habis, untuk mengisi nyawa hingga penuh dapat dilakukan dengan menyentuh origami penyelamat yang muncul pada saat-saat tertentu. Jika sub zero dapat menghancurkan 20 musuh, maka game dapat dilanjutkan ke level selanjutnya. Namun apabila sebelum dapat menghancurkan 20 origami musuh jumlah nyawa karakter sub zero telah habis, maka game akan berakhir.

Sumber : DJOKO PRAKOSO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar