Rabu, 28 April 2010

KOMPRESI CITRA

KOMPRESI CITRA
KOMPRESI CITRA merupakan aplikasi kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital dengan tujuan untuk mengurangi redundansi dari data-data yang terdapat dalam citra sehingga dapat disimpan atau ditransmisikan secara
efisien.
Secara umum teknik kompresi citra terbagi menjadi dua,yaitu lossy dan lossless.
1. Lossy Compression :
a. Ukuran file citra menjadi lebih kecil dengan menghilangkan beberapa informasi dalam citra asli.
b. Mengubah detail dan warna pada file citra menjadi lebih sederhana tanpa terlihat perbedaan yang mencolok dalam pandangan manusia, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.
c. Biasanya digunakan pada citra foto atau image lain yang tidak terlalu memerlukan detail citra, dimana kehilangan bit rate foto tidak berpengaruh pada citra.
d. Menghasilkan citra hampir sama dengan citra semula.

Teknik-teknik loseless:
? Pengurangan warna (Color reduction) :
untuk warna-warna tertentu yang mayoritas dimana informasi warna disimpan dalam color palette.
? Chroma subsampling: teknik yang memanfaatkan fakta bahwa mata manusia merasa brightness (luminance) lebih berpengaruh daripada warna (chrominance) itu sendiri, maka dilakukan pengurangan resolusi warna dengan disampling ulang. Biasanya digunakan pada sinyal YUV.
a. Chorma Subsampling terdiri dari 3 komponen:
Y (luminance) : U (CBlue) : V (CRed)
adalah sebuah color space dengan Y merupakan komponen luminance (brightness) dan U dan V adalah komponen chrominance (warna). YUV biasanya digunakan pada aplikasi video. Sinyal YUV diciptakan dari sumber RGB (red, green, blue),dengan diberi bobot tertentu, nilai R, G dan B ditambahkan untuk menghasilkan sinyal Y, yang menyatakan terang-gelap secara keseluruhan, atau luminance dari titik tersebut. Sinyal U lalu dibentuk dengan mengurangkan sinyal blue dari RGB dengan Y, dan V dengan mengurangkan red.


• Transform coding: menggunakan Fourier Transform seperti DCT.
b. Fractal Compression: adalah suatu metode lossy untuk mengkompresi citra dengan menggunakan kurva fractal. Sangat cocok untuk citra natural seperti pepohonan, pakis, pegunungan, dan awan. Bersandar pada fakta bahwa dalam sebuah image, terdapat bagian-bagian image yang menyerupai bagian bagian image yang lain.Proses kompresi Fractal lebih lambat daripada JPEG



2. Loseless Compression:
Untuk kelompok lossless dikenal beberapa metode misalnya Run Length Encoding yang diterapkan pada file PCX, LZW pada file TIFF, Quadtree dan Pengkodean Huffman, dimana dengan metode ini seluruh data dipertahankan atau dengan kata lain tidak ada data yang hilang. Metode-metode untuk kompresi lossless biasanya mempunyai rasio kompresi yang rendah dan kebanyakan dikerjakan pada piksel secara linier, tidak memandang citra sebagai blok-blok kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar