Rabu, 28 April 2010

BUKAN CINTA KARENA DUNIA

BUKAN CINTA KARENA DUNIA
Cinta karena Alloh yang hidup didalam jiwa para ahli iman dan mewarnai kehidupan diantara sesama ahli iman bukanlah cinta karena dunia. Cinta karena Alloh bukan cinta pamrih. Cinta karena Alloh bukanlah cintanya seseorang kepada orang lain karena ada keuntungan materi yang sama sekali terlepas dari keuntungan agama Alloh. Sebagaimana kebencian karena Alloh pun bukan kebencian seseorang kepada lainnya karena ia tidak mendapat keuntungan materi sedikit pun bila mencintainya. Bukanlah kebencian karena Alloh bila bukan karena seseorang bermaksiat kepada Alloh sebaliknya cinta dan benci seperti ini lah hanyalah merupakan kemunafikan semata. Setidaknya ia merupakan tanda melemahnya iman seorang mukmin.
Tidak benar bila seorang mukmin membenci saudaranya sesama mukmin hanya karena tiadanya sikap saling memahami atau sebab jeleknya persengketaan. Tatkala itu yang terjadi maka tidak boleh ada kebencian, tidak pulu saling mendiamkan. Rosululloh bersabda :
“ Janganlah saling memutuskan hubungan, janganlan saling berpaling, janganlah saling membenci, janganlah saling iri dengki, namun jadilah kalian bersaudara sebagaimana yang telah Alloh perintahkan kepada kalian. ” (HR.Muslim 6704)
Sebaik-baik persengketaan ialah yang mudah penyelesaiannya. Sedangkan perselisihan yang ada hendaknya dikembalikan kepada ketentuan syati’at Alloh bersamaan dengan itu, harus tetap ada kecintaan didalam hati, yaitu kecintaan karena iman, yang tak ter sishkan oleh harapan keuntungan materi duniawi.
Semoga Alloh menghidupkan cinta dan bencidi hati kita yang hanya karena-Nya semata.Amin.
Sumber : Al-mawaddah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar