Minggu, 30 Mei 2010

TOPIK : A. Bagaimana Merancang Pengujian Perangkat Lunak (3)

TOPIK : A. Bagaimana Merancang Pengujian Perangkat Lunak (3)

Tujuan utama pengujian adalah untuk mendeteksi kegagalan perangkat lunak sehingga cacat dapat ditemukan dan diperbaiki. Pengujian tidak dapat menetapkan bahwa fungsi produk dengan benar dalam semua kondisi namun hanya dapat menetapkan bahwa hal itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam kondisi tertentu. Ruang lingkup pengujian perangkat lunak sering kali berisi pemeriksaan kode serta eksekusi dari kode di berbagai lingkungan dan kondisi serta memeriksa aspek kode: melakukannya melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan melakukan apa yang perlu dilakukan. Informasi yang diperoleh dari pengujian perangkat lunak dapat digunakan untuk memperbaiki proses dimana perangkat lunak dikembangkan.
Pengujian fungsional mengacu pada tes yang memverifikasi tindakan spesifik atau fungsi dari kode. Ini biasanya ditemukan dalam dokumentasi kode persyaratan, meskipun beberapa metodologi pengembangan kerja dari kasus penggunaan atau cerita-cerita pengguna. Tes fungsional cenderung menjawab pertanyaan "bisa pengguna melakukan ini" atau "apakah ini bekerja fitur tertentu".
Pengujian non-fungsional mengacu pada aspek perangkat lunak yang mungkin tidak terkait dengan fungsi tertentu atau tindakan pengguna, seperti skalabilitas atau keamanan. pengujian non-fungsional cenderung untuk menjawab pertanyaan seperti "berapa banyak orang bisa login sekaligus".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar